Makrab atau disebut Malam Keakraban merupakan salah satu program kerja dari Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika (IKAHIMATIKA) wilayah IV subwilayah Semarang-Salatiga. Makrab ini diadakan selama 2 hari, yaitu mulai pada hari Sabtu 27 April dan selesai pada Minggu 28 April 2019 yang diadakan di Kampoeng Penjawi Mandiri Susukan Kabupaten Semarang. Makrab tersebut diikuti kurang lebih 70 orang peserta maupun panitia dari berbagai Universitas yang tergabung dalam IKAHIMATKA Subwilayah Semarang-Salatiga. Ada 11 Universitas yang tergabung, diantaranya : Universitas Ivet (UNI), UNNES, UNDIP, UIN Walisongo, UPGRIS, UNIMUS, UNISSULA, IAIN Salatiga, UKSW Salatiga, IAIN Kudus, dan UMK.

HIMATIKA Universitas Ivet mengirimkan delegasi sebanyak 4 orang untuk mengikuti Makrab tersebut. Dalam Makrab tersebut dihadiri 2 orang pengurus dari IKAHIMATIKA Wilayah IV dan 1 orang koordinator subwilayah. Panitia dari Makrab yaitu kolaborasi antara HIMATIKA UNNES dan HMPS Tadris Matematika IAIN Salatiga. Ada beberapa kegiatan utama yang berlangsung dalam Makrab tersebut, diantaranya adalah :

  1. Materi IKAHIMATIKA yang diberikan oleh pengurus IKAHIMATIKA Wilayah IV
  2. Api unggun dan pentas seni dari masing-masing Himpunan. Pada kegiatan pentas seni ini yang memperoleh juara 1 adalah HIMATIKA Universitas Ivet kolaborasi dengan HIMATIKA IAIN Kudus.
  3. Out bond dilakukan dengan membentuk kelompok dan tiap-tiap kelompok terdiri dari 6 orang dari Universitas yang berbeda supaya lebih akrab dan mengenal satu sama lain.

Dengan tergabungnya HIMATIKA Universitas Ivet di IKAHIMATIKA banyak ilmu dan pengalaman baru yang di dapatkan dari HIMATIKA Universitas lain. Sesuai dengan tema dalam Makrab ini yaitu “Value Mutlak E-IKAHIMATIKA” Makrab Untuk Tumbuhkan Loyalitas Kebersamaan Satu IKAHIMATIKA. Hal ini tentunya dapat mempererat tali persaudaraan, kekompakan, dan kerjasama antar HIMATIKA terutama Subwilayah Semarang-Salatiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *