Pada hari Sabtu dan Minggu, 11 dan 12 Mei 2019, IKAHIMATIKA wilayah IV subwilayah Semarang-Salatiga telah mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat dan Buka bersama dengan anak yatim piatu di Panti Asuhan At-Taqwa, Meteseh, Tembalang. Pengabdian Masyarakat dan Buka Bersama (Mathication) merupakan salah satu program kerja dari Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika (IKAHIMATIKA) wilayah IV subwilayah Semarang-Salatiga. Kegiatan tersebut diikuti kurang lebih 100 anak panti dan 40 orang dari berbagai Universitas yang tergabung dalam IKAHIMATIKA.

HIMATIKA Universitas Ivet sendiri mengirimkan delegasi sebanyak 2 orang untuk mengikuti kegiatan tersebut. Dalam acara pengabdian masyarakat ini dihadiri Sekretaris Jendral IKAHIMATIKA INDONESIA yaitu Mudzakar Rifai Alam dari Universitas Sebelas Maret, 5 orang pengurus dari IKAHIMATIKA Wilayah IV dan 1 orang koordinator subwilayah. Panitia dari pengabdian masyarakat yaitu kolaborasi antara HIMATIKA UNDIP dan HIMATIKA UNIMUS. Ada beberapa kegiatan utama yang berlangsung, diantaranya adalah :

  1. Memberikan Pembelajaran Matematika kepada anak-anak panti sesuai dengan kelasnya
  2. Memberikan Games supaya mereka lebih semangat dan antusias dalam belajar Matematika
  3. Kultum yang diberikan oleh salah satu Mahasiswa UNIMUS
  4. Buka Bersama dengan seluruh anak panti
  5. Penyerahan santunan dan sembako kepada pengurus panti asuhan yang diserahkan langsung oleh Sekjen IKAHIMATIKA INDONESIA

Sesuai tema dalam kegiatan ini yaitu “Melangkah Bersama Wujudkan Hangat dan Indahnya Berbagi” maka Pengabdian Masyarakat kali ini diharapkan dapat sedikit membantu anak-anak di panti asuhan At-Taqwa. Selain itu tentunya dapat menjadi pembelajaran kita semua untuk membantu sesama, mempererat tali silaturahmi, menjaga kekompakan dan kerjasama antar HIMATIKA terutama Subwilayah Semarang-Salatiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *